Apa itu Mailing List? dan Ada Berapa Jenis Mailing List

Rabu, 10 Juli 2013
Rahasia Blog SEO - Mailing list biasa disingkat milis merupakan salah satu fasilitas untuk berdiskusi di internet terhadap suatu topik tertentu yang  diikuti oleh orang-orang yang berminat terhadap topik yang ditentukan. Proses diskusi dilakukan melalui perantaraan email dan dilayani oleh sebuah mailing list server.
Agar proses diskusi dapat berjalan dengan baik, sebuah mailing list mempunyai 1 (satu) orang atau lebih yang berfungsi sebagai moderator mailing list. Seorang moderator bertanggung jawab terhadap keberlangsungan proses diskusi dalam mailing list dan berhak mendaftarkan anggota baru, mengeluarkan anggota mailing list yang melanggar peraturan dan menentukan peraturan-peraturan yang berlaku di mailing list.
Sebuah mailing list dapat bersifat terbuka untuk umum (public) atau bersifat khusus (private) tergantung tujuan mailing list tersebut dibuat. Sebuah mailing list dikatakan terbuka untuk umum jika tidak ada batasan untuk bergabung dengan mailing list tersebut. Namun jika mailing list tersebut hanya diperuntukkan untuk orang-orang tertentu saja, mailing list tersebut dikatakan private.
Ada dua jenis mailing list, yaitu:
  • Announcement-type lists, komunikasi satu arah, yaitu anggota mailing list hanya berhak untuk menerima pesan (email) saja dari moderatornya dan anggota tidak dapat mengirim atau membalas pesan dari mailing list tersebut. Biasanya mailing list seperti ini digunakan untuk memberikan pesan-pesan yang sifatnya tidak perlu dibalas.
  • Discussion-type lists, komunikasi dua arah, setiap anggota berhak mengirim pesan ke server mailing list dan membalas email atau sekedar membaca email yang masuk, sehingga lebih interaktif. Mailing list jenis ini yang banyak di internet.
Saat ini tersedia dua perusahaan besar di internet yang menyediakan layanan mailing list secara grtis, yaitu yahoo.com dan google.com. Demikian sepintas dari kami tentang pengertian mailing list.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Tag »

Tidak ada komentar

Jangan Lupa Komentarnya

Lisensi Creative Commons